Selamat Datang Di Website Informasi & Teknologi Komputer

Friday, November 30, 2018

Membuat Database Dan Tabel Di MySQL

Membuat Database dan Tabel di MySQL
MySQL sebagai salah satu relational database management system atau RDBMS yang populer di kalangan programmer merupakan salah satu database yang sudah berumur dekade. Diciptakan oleh Michael Widenius, pada akhirnya MySQL diakusisi oleh Oracle dan kini memiliki saudara yang bernama MariaDB.
Namun begitu MySQL masih banyak digunakan di kalangan developer aplikasi selain itu kampus pun masih banyak mengajarkan database dengan menggunakan MySQL. Sudah saatnya memang kampus menggunakan MariaDB bila aware dengan open source.
Walaupun ada sedikit cerita diantara mereka berdua. Kita masih dapat menggunakan MySQL dan akan mudah berpindah ke MariaDB bila kita sudah siap. Sebagai contoh sekarang kita akan membuat sebuah database bioskop yang menangani aplikasi pembelian tiket film.

Membuat Database

Disini kamu tidak akan mempelajari bagaimana membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu. Kamu hanya akan mempelajari SQL murni dan fokus pada sisi database saja.
Sebagai langkah awal kita akan membuat sebuah database terlebih dahulu. Diasumsikan kamu sudah mengetahui cara install MySQL entah itu standaloneataupun melalui paketan seperti XAMPP.
Sekarang mari kita buat database di MySQL dengan perintah berikut:
CREATE DATABASE bioskop;
Bila berhasil kamu dapat melihat database dengan perintah berikut:
SHOW DATABASES;

Membuat Tabel

Sekarang mari kita buat beberapa tabel yang akan digunakan untuk menangani pembelian tiket film:
CREATE TABLE operator(
    id VARCHAR (20) NOT NULL,
    nama VARCHAR (50) NOT NULL,
    password VARCHAR(100) NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    updated_at TIMESTAMP,
    PRIMARY KEY (id)
);

CREATE TABLE film (
    id VARCHAR (20) NOT NULL,
    judul VARCHAR (50) NOT NULL,
    deskripsi TEXT,
    rating VARCHAR (50) NOT NULL,
    produksi VARCHAR(100) NOT NULL,
    distributor VARCHAR(100) NOT NULL,
    durasi INT NOT NULL,
    country VARCHAR(50) NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    updated_at TIMESTAMP,
    PRIMARY KEY (id)
);

CREATE TABLE teater (
    id VARCHAR (20) NOT NULL,
    nama VARCHAR (50) NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    updated_at TIMESTAMP,
    PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: teater_id
CREATE TABLE kursi (
    id VARCHAR (20) NOT NULL,
    nama VARCHAR (50) NOT NULL,
    teater_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    updated_at TIMESTAMP,
    PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: film_id, teater_id
CREATE TABLE jadwal (
    id VARCHAR (20) NOT NULL,
    hari VARCHAR (50) NOT NULL,
    jam VARCHAR(20) NOT NULL,
    harga INT NOT NULL,
    film_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    teater_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    updated_at TIMESTAMP,
    PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: operator_id, jadwal_id, kursi_id, 
CREATE TABLE transaksi (
    id VARCHAR(20) NOT NULL,
    operator_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    jadwal_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    kursi_id VARCHAR(20) NOT NULL,
    jumlah_dibayar INT NOT NULL,
    kembalian INT NOT NULL,
    created_at DATETIME NOT NULL,
    PRIMARY KEY (id)
);
Pada kode diatas kamu dapat membuat sebuah tabel dengan perintah CREATE TABLE. Kemudian ada tipe data berupa INT, VARCHAR, TEXT, DATETIME dan TIMESTAMP. Untuk tipe data VARCHAR kamu harus menentukan berapa panjang maksimal dari kolom tersebut. Tipe INT dapat kamu tentukan panjang angka yang akan digunakan. Sedangkan TIMESTAMP akan selalu diisi secara otomatis oleh MySQL saat baris baru dibuat.
Kemudian ada juga atribut tambahan NOT NULL dimana kolom tersebut tidak boleh kosong saat proses insert. Kemudian ada penentuan PRIMARY KEY dimana kolom tersebut akan menjadi pembeda antar kolom agar mencegah data dengan id sama memiliki dua baris yang sama.
Bila berhasil seharusnya Anda dapat melihat daftar tabel dengan perintah berikut:
SHOW TABLES;

Menghapus Tabel dan Database

Untuk menghapus suatu tabel di MySQL. Kamu harus menghapus dari yang memiliki relasi paling banyak bila kamu mengaturnya dari awal seperti itu. Tabel yang digunakan oleh tabel lain sebagai referensi tidak akan dapat dihapus sampai tabel anak dapat dihapus.
Untuk menghapus suatu tabel dapat menggunakan perintah DROP TABLE seperti berikut:
DROP TABLE transaksi;
DROP TABLE jadwal;
DROP TABLE kursi;
DROP TABLE teater;
DROP TABLE film;
DROP TABLE operator;
Sedangkan untuk menghapus database dapat menggunakan perintah DROP DATABASE:
DROP DATABASE bioskop;

Saturday, November 17, 2018

Cara Membuat Program Kalkulator Sederhana Dengan NetBeans

Kali Ini Saya Akan Membuat Program Kalkulator Sederhana Pada NetBeans 
Jika Yang Belum Ada Program nya Silahkan Download Di Bawah Ini
Nah Jika Yang Sudah Langsung Saja Buat Programnya...



Step 1 : Buka aplikasi NetBeans anda!
jika anda sudah memiliki aplikasi ini silahkan buka.

Step 2 : buat Project
setelah aplikasi dibuka, kita buat projectnya!caranya :
- pilih File pada menubar lalu New Project atau tekan CTRL + SHIFT + N

- kemudian pilih Java - Java Application kemudian Next


- akan muncul tampilan untuk memberi nama Project anda, saya menamakan KalkulatorJava, lalu klik Finish jika sudah!


Step 3 : buat Form
setelah membuat Project kita buat Form Kalkulatornya, caranya :
- klik kanan pada Project KalkulatorJava, lalu pilih New - JFrameForm...




- pada tampilan berikutnya kita beri nama dan lokasi tempat menyimpan
Class Name : KalkulatorJava
Location : Source Package
Package : KalkulatorJava
klik Finish jika sudah



-dan akan terbentuk form



Step 4 : isi Form dengan Tombol
langkah ini kita akan mengisi form menggunakan Button dan Text Field
- isikan dulu form menggunakan TextField, untuk medapatkannya, pada Palette klik Swing Control - TextField drag TextField pada Form



- lalu ubah nama dan variablenya, klik kanan pada TextFieldnya - Edit Text (untuk mengubah nama) dan Change Variable Name (untuk mengubah variable)
Edit Text : kosongkan
Change Variable Name : text1



untuk ukuran, anda bisa mngubah sesuai selera anda.
- kita tambah tombol caranya sama, pada Palette - Swing Control - button, drag button tersebut ke Form




- hal yang sama, klik kanan pada button lalu Edit Text dan Change Variable Name
Edit Text : 1
Change Variable Name : cmd1

- langkah berikutnya, anda tata sendiri seperti gambar dibawah



atur button sebagai berikut :

button 1 ubah Variable Name menjadi cmd1
button 2 ubah Variable Name menjadi cmd2
button 3 ubah Variable Name menjadi cmd3
button 4 ubah Variable Name menjadi cmd4
button 5 ubah Variable Name menjadi cmd5 
button 6 ubah Variable Name menjadi cmd6
button 7 ubah Variable Name menjadi cmd7
button 8 ubah Variable Name menjadi cmd8
button 9 ubah Variable Name menjadi cmd9
button 0 ubah Variable Name menjadi cmd0
button C ubah Variable Name menjadi cmdclear
button = ubah Variable Name menjadi cmdsmdengan
button + ubah Variable Name menjadi cmdtambah
button - ubah Variable Name menjadi cmdkurang
button * ubah Variable Name menjadi cmdkali 
button / ubah Variable Name menjadi cmdbagi

Step 5 : isi Syntax
pada langkah ini kita isikan syntax pada button, pertama kita Double klik pada button 1




-setelah didouble klik tuliskan syntax berikut
String cmd1Text = text1.getText() + cmd1.getText();
text1.setText( cmd1Text );




untuk button 2 sampai dengan 0 caranya sama, double klik lalu ketikkan syntax berikutnya!!.


untuk button 1 :
String cmd1Text = text1.getText() + cmd1.getText();
        text1.setText( cmd1Text );

untuk button 2 :
String cmd2Text = text1.getText() + cmd2.getText();
        text1.setText( cmd2Text );

untuk button 3 :
String cmd3Text = text1.getText() + cmd3.getText();
        text1.setText( cmd3Text );

untk button 4 :
String cmd4Text = text1.getText() + cmd4.getText();
        text1.setText( cmd4Text );

untuk button 5 :
String cmd5Text = text1.getText() + cmd5.getText();
        text1.setText( cmd5Text );

untuk button 6 :
String cmd6Text = text1.getText() + cmd6.getText();
        text1.setText( cmd6Text );

untuk button 7 :
String cmd7Text = text1.getText() + cmd7.getText();
        text1.setText( cmd7Text );

untuk button 8 :
String cmd8Text = text1.getText() + cmd8.getText();
        text1.setText( cmd8Text );

untuk button 9 :
String cmd9Text = text1.getText() + cmd9.getText();
        text1.setText( cmd9Text );

untuk button 0 :
String cmd0Text = text1.getText() + cmd0.getText();
        text1.setText( cmd0Text );

Step 6 : deklarasikan
langkah ini kita deklarasikan syntax untuk button Clear, =, ketikkan syntax tepat dibawah kode: 
public class KalkulatorJava extends javax.swing.JFrame {

private double total1 = 0.0;
private double total2 = 0.0;
private char math_operator;

lalu kita ketikkan sendiri syntax berikut, untuk posisi syntax ini terserah mua disimpan dimana aja

private void getOperator(String btnText){
         math_operator = btnText.charAt(0);
     total1 = total1 + Double.parseDouble(text1.getText());
     text1.setText("");

Step 7 : isi syntax 
langkah ini kita isi kembali syntax Clear, =, +,/,-,*

untuk button C (Clear) :
total2 = 0;
        text1.setText("");

untuk button = :
switch (math_operator){
            case '+':
            total2 = total1 + Double.parseDouble(text1.getText( ) );
            break;
            case '-':
            total2 = total1 - Double.parseDouble(text1.getText( ) );
            break;
            case '*':
            total2 = total1 * Double.parseDouble(text1.getText( ) );
            break;
            case '/':
            total2 = total1 / Double.parseDouble(text1.getText( ) );
            break;
        }
        text1.setText( Double.toString(total2) );
        total1 = 0;

untuk button + :
String button_text = cmdtambah.getText();
        getOperator(button_text);

untuk button - :
String button_text = cmdkurang.getText();
        getOperator(button_text);

untuk button * :
String button_text = cmdkali.getText();
        getOperator(button_text);

untuk button / :
String button_text = cmdbagi.getText();
        getOperator(button_text);

Last Step : Run
langkah terakhir adalah menjalankannya tekan F6 pada keyboard atau tekan tan Run seperti gambar dibawah.

Pengertian Teknologi Jaringan Komputer



Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputeruntuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringankomputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Pengertian

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

Jenis-Jenis jaringan
Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :

1. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal


Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area  lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer–komputer yang terhubung ke dalam  network. Komputer–komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

2. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan




Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah  jaringan–jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringanBank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Sumatera Utara Dan Medan

3.  Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar


Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.

Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

- Protokol


Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.

Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :

  1. Ethernet
  2. Local Talk
  3. Token Ring
  4. FDDI
  5. ATM
1.Ethernet

Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision  Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputermemperhatikan  ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam  kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.

Protokol Ethernet dapat digunakan untuk  pada model jaringan Garis   lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.

2.LocalTalk

LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer  tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus.

Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya  230 Kbps.

3.Token Ring

Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputer–komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (Cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.

Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau  16 Mbps.  Sejalan dengan perkembangan Ethernet,  penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

4.FDDI

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang   jauh . Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.

Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps.

5.ATM

ATM adalah singkatan dari  Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi   Bintang , dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.

Kesimpulan untuk Protokol :


Protokol yang di pakaiKabel yang digunakanKecepatan TransferTopology Fisik
EthernetTwisted Pair, Coaxial, Fiber10 MbpsLinear Bus, Star, Tree
Fast EthernetTwisted Pair, Fiber100 MbpsStar
LocalTalkTwisted Pair0.23 MbpsLinear Bus or Star
Token RingTwisted Pair4 Mbps – 16 MbpsStar-Wired Ring
FDDIFiber100 MbpsDual ring
ATMTwisted Pair, Fiber155-2488 MbpsLinear Bus, Star, Tree

Perangkat keras yang diperlukan

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner, Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.

1. File Servers
2. Workstations
3. Network Interface Cards
4. Concentrators/Hubs
5. Repeaters
6. Bridges
7. Routers

1.File Servers

Sebuah File Server merupakan jantungnya kebayakan  Jaringan, merupakan komputeryang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.

Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain….terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini :

  • Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
  • Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB
  • Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
  • Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau  CD-RW )
  • Mempunyai banyak port network
  • Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas
  • Kurang lebih 32 MB memori

2.Workstations

Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah Workstation minimal mempunyai ; Kartu jaringan, Aplikasi jaringan(sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.

3.Network Interface Cards (NIC) atau  Kartu Jaringan

Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.

Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk,

4.Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.
Gambar Kartu Jaringan Ethernet
Dari Atas Ke Bawah :
Konektor RJ-45, konektor AUI, dan konektor BNC

5.LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk

LocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputeryang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan  0.23 Mps

6.Token Ring Cards

Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.

Hub/Konsentrator

Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam  hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.

Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :

  • Biasanya terdiri dari 8, 12, atau  24 port RJ-45
  • Digunakan pada topologi Bintang/Star
  • Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manjemen port tersebut.
  • Biasanya disebut hub
  • Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router
7.Repeaters

Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.

8.Bridges / Jembatan

Bridges / Jembatan Adalah sebuah perangkat  yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula.  Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.

9.Routers

Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.

Sementara  Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.

Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur  yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.

Ini berarti Router itu :

  • Mengatur jalur sinyal secara effisien
  • Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
  • Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan  Bintang(star)
  • Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau kabel twisted pair

Topologi/Bentuk Jaringan

Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin (Ring).

A. Topologi Jaringan Mesh

Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

B. Topologi Jaringan Bintang (Star)

Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringanyang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.

C. Topologi Jaringan Bus

Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan.

Topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

D. Topologi Jaringan Pohon (Tree)

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

E. Topologi Jaringan Cincin (Ring)

Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.

Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem.

Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar.
Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain.





Tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer Windows


Pusing Karena lambatnya kinerja Windows pada komputer Anda sementara kerjaan sudah menumpuk menunggu untuk segera dikerjakan karena tenggat waktu yang sangat terbatas?
beberapa tips ini bias dipakai. Pada start menu, klik Run, lalu ketik regedit. Setelah halaman registry editor muncul, maka lakukan sedikit perubahan:
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\MenuShowDelay. Ubahlah nilai default yang tampak di sisi jendela sebelah kanan dari 400 menjadi bernilai 0. Perubahan ini dimaksudkan untuk mempercepat tampilan munculnya daftar menu yang muncul saat kita memilih start menu.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\DisablePagingExecutive. Ubahlah nilai yang ada dari 1 menjadi 0. Perubahan ini dimaksudkan untuk menempatkan kernel windows di RAM dan meniadakan virtual memori. Mohon diperhatikan bahwa trik ini hanya boleh dilakukan bila kartu memori RAM yang terpasang di komputer Anda adalah lebih dari 512 MB. Sangat tidak disarankan untuk melakukan trik ini bila kartu memori yang terpasang di komputer Anda lebih kecil dari 512 MB.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\PrefetchParameters\EnablePrefetcher. Ubahlah nilai yang ada menjadi 0 bila ingin meniadakan isi dari folder prefetch yang ada di dalam folder Windows di drive “system” komputer Anda. Ada tiga pilihan yang bisa dilakukan, semuanya terserah Anda. Anda bisa mengubah nilai yang ada menjadi 1 bila ingin menciptakan file-file prefetch dari berbagai aplikasi yang terinstal di komputer Anda (semacam cache untuk mempercepat memulai suatu aplikasi saat komputer baru saja dihidupkan). Ubahlah nilai yang ada menjadi 2 untuk mempercepat proses booting. Ubah nilai yang ada menjadi 3 untuk mempercepat akses semua file yang ada dalam komputer.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem\NtfsDisable8dot3NameCreation.Ubahlah nilai yang ada menjadi 1. Perubahan ini dimaksudkan untuk men-disable 8.3 Name Creation dalam NTFS (beberapa file yang menggunakan 8.3 Naming Convention dapat menurunkan kinerja drive yang memakai format NTFS). Dengan men-disable Naming Convention atau Name Creation dipercaya dapat meningkatkan kinerja komputer kita. Lakukan defrag pada boot. Caranya dengan mengakali registri,

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction. Lakukan editing pada string Enable dan ubahlah nilainya menjadi Y. Kemudian keluar dari registri editor dan lakukan restart pada komputer. Setelah itu maka komputer Anda akan bekerja lebih cepat.



Contoh Aplikasi Program JAVA Netbeans dan Database Ms. Access - Program JAVA

Pada Artikel Ini sekarang saya coba jelaskan bagaimana membuat aplikasi program java sederhana penyimpan data ke database Ms. Access.

1. Jalankan Netbeans sebagai IDE, Kemudian Buat Project (File -->New Project) Seperti gambar berikut :

2.  Next -> selanjutnya buat nama project dan tentukan lokasi tempat penyimpanan project
Lalu klik finish

3. selanjutnya Akan Tampil



4. Buat Class dengan Cara Klik kanan pada folder sisfo_barang -> new -> JFrame Form :



5. Maka Akan tampil jendela berikut



Buat nama class pada kotak isian Class Name.  Nama class nantinya akan sama dengan nama form, selanjutnya klik Finish. Maka akan tampil form tempat perancangan program




6. Buat Design Seperti gambar Berikut:




7. Buat Database Pada Ms. Access dengan data sebagai berikut :


Setelah selesai pembuatan database, langkah berikutnya adalah membuat koneksi antara database dengan program java, secara logic dapat kita gambarkan


Langkah langkah koneksi database dengan program
1.Buka jendela control Panel -> double klik Administrative tools -> double kilk Data Sources (ODBC)



2.    Klik Add

3.    Pilih MS Access Database (*.mdb,*.accdb) -> Finish


 

 4.Maka selanjutnya akan tampil kotak dialog ODBC Microsoft Access Setup, isikan nama koneksi pada kotak Data Source Name, lalu cari database yang akan digunakan dengan cara mengklik kotak select, lalu klik OK.




5.    Hasil dari langkah no.4 kembali akan menampilkan kotak dialog ODBC Data Source Administrator, perhatikan bahwa nama koneksi yang dibuat sebelumnya akan masuk dalam kolom user Data source, selanjutnya klik OK. Maka selesailah langkah pembuatan penentuan sumber data (Data source) yang akan kita gunakan dalam program nantinya.




Setelah penentuan Data Source selesai dilakukan maka selanjutnya kita kembali pada rancangan program java yang telah kita buat sebelumnya.



Dalam rancangan ini terdapat tiga buah tombol yaitu tombol SAVE, CANCEL, dan EXIT. Program baru akan memberikan suatu aksi kalau kita mengklik salah satu tombol tersebut. Tombol SAVE akan melakukan penyimpanan kedalam database terhadap data yang kita inputkan, tombol CANCEL akan mengosongkan kembali layar yang sudah diisi, sedangkan tombol EXIT berfungsi untuk menutup program.

1.  Buat Import Data

package sisfo_barang;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.Statement;
import javax.swing.JOptionPane;

import merupakan statement untuk memanggil komponen komponen pendukung yang akan digunakan dalam program suatu program. 
 
2. Deklarasi Object dari class yang dipanggil melalui import dan deklarasi variabel sql

public Connection con;
public Statement stat;
public String sql=””;
public ResultSet rs;

con dan stat adalah objek objek yang dibuat dari class Connection dan class statement. Con merupakan objek yang berfungsi sebagai penghubung antara program java dengan database, sedangkan stat adalah objek yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah sql yang digunakan dalam program.

3.    Listing program untuk tombol SAVE
 
private void TSimpanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        try
        {
            Class.forName("sun.jdbc.odbc.JdbcOdbc");
            con = DriverManager.getConnection("jdbc:odbc:konek_brg");
            
            sql="insert into data_brg values('"+vkode.getText()+"','" +
                    vnama.getText()+"','"+
                    vharga.getText()+"','"+
                    vsatuan.getSelectedItem()+"','"+
                    vstock.getText()+"'";

            stat = con.createStatement();
            stat.execute(sql);
        }
        catch(Exception e)
        {
            JOptionPane.showMessageDialog(null,e);
        }
}   



4. Listing Program untuk tombol CANCEL
      vkode.setText("");       vnama.setText("");
       vharga.setText("");
       vstock.setText("");
       vkode.requestFocus();

 


5. Listing Program Pada tombol EXIT
This.dispose();